Arifiyanti, Leny Mei (2015) Pengembangan Buku Pedoman Pembelajaran Fisika Berbasis Metakognisi Sesuai Level Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Berpikir Kritis Siswa SMA. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-leny-mei-arifiyanti-13708251044.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menyusun buku pedoman pembelajaran fisika berbasis metakognisi sesuai level inquiry yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMA, dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan buku pedoman pembelajaran fisika berbasis metakognisi sesuai dengan level inquiry, pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Dick & Carrey. Desain pengembangan tersebut terdiri dari lima tahapan utama yaitu meliputi: (a) pengembangan draft produk awal, (b) validasi ahli materi dan media pada produk awal dan revisi, (c) uji coba kelompok kecil, (d) uji coba lapangan, dan (e) penyebarluasan produk (dilakukan forum MGMP Fisika SMA Kabupaten Sleman). Subjek uji coba kelompok kecil dilakukan di kelas XI SMA N 1 Depok. Tahap ini juga dilakukan uji coba buku guru melalui penilaian guru fisika di forum MGMP Fisika di Kabupaten Sleman. Subjek uji coba lapangan adalah tiga kelas XI MIA, di SMA N 1 Sleman. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar penilaian produk, pedoman wawancara, soal untuk menilai kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. Data penilaian produk dianalisis menggunakan skala lima untuk mengetahui kelayakan produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah adalah Uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Produk yang dihasilkan adalah buku pedoman pembelajaran fisika berbasis metakognisi sesuai level inkuiri yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Hal ini ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan media yang menunjukan bahwa produk berkategori “baik”. Penggunaan produk yang dihasilkan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis setelah menggunakan produk yang dikembangkan, ditinjau dari nilai sig. ≤ 0,05. Peningkatan pada kedua variabel tersebut, jika ditinjau dari nilai efek size yang menunjukan rata rata 50 % siswa di kelas eksperimen nilainya diatas rata rata kelas control.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pedoman, pembelajaran fisika berbasis metakognitif, level inkuiri, berpikir kritis, memecahkan masalah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 07:34 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25936 |
Actions (login required)
View Item |