Studi Evaluasi Perkuliahan Microteaching Berdasarkan KKNI Level 6 Pada Program Studi Pendidikan Kimia di UIN Sunan Kalijaga

Gurning, Kasta (2015) Studi Evaluasi Perkuliahan Microteaching Berdasarkan KKNI Level 6 Pada Program Studi Pendidikan Kimia di UIN Sunan Kalijaga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kasta-gurning-13708251052.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui seberapa besar relevansi kompetensi lulusan Program Studi S1 Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga terhadap kesesuaian dengan indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia; (2) mengetahui kriteria kualitas perkuliahan microteaching yang diselenggarakan oleh program studi S1 Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga sesuai dengan KKNI level 6 Pendidikan Kimia; dan (3) mengetahui kriteria kualitas perangkat perkuliahan microteaching yang diselenggarakan oleh program studi S1 Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga terhadap kesesuaian dengan indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang difokuskan pada relevansi perangkat dan proses terhadap pencapaian indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada bulan Februari-Juli 2014. Subjek penelitian adalah 3 dosen pengampu mata kuliah microteaching dan 31 mahasiswa peserta microteaching. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan deskripsi kuantitatif serta melalui wawancara yang dianalisis dengan deskripsi kualitatif. Penggumpulan data dikelompokan bersarkan model evaluasi context, input, process, and product (CIPP). Hasil penelitian menunjukkan untuk komponen konteks relevansi perkuliahan microteachig mulai pembekalan, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terhadap kesesuaian indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia secara umum termasuk kategori sesuai. Komponen input kesesuaian perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media, penilaian, dan penguasaan materi) yang mengarah pada pencapaian indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia masih bervariasi dan secara umum termasuk kategori sesuai. Komponen proses kesesuaian pelaksanaan pembelajaran microteaching dengan perencanaan secara umum termasuk kategori sesuai. Komponen produk pelaksanaan perkuliahan microteaching yang bermutu dan pencapaian kompetensi sesuai indikator KKNI level 6 Pendidikan Kimia masih bervariasi, namun secara umum berkategori cukup sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIPP, Microteaching, KKNI level 6 Pendidikan Kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25929

Actions (login required)

View Item View Item