Pengembangan Model Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI SMA N 6 Yogyakarta pada Materi Sistem Pernafasan Manusia

Wardhani, Irma Yuniar (2015) Pengembangan Model Thinking Actively in Social Context (TASC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI SMA N 6 Yogyakarta pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irma-yuniar-wardhani-13708251128.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan model TASC yang dikembangkan dalam pembelajaran Biologi materi sistem pernapasan manusia, (2) pengaruh model TASC yang dikembangkan terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran Biologi, dan (3) pencapaian kemampuan berpikir analisis siswa setelah menerapkan model pembelajaran TASC. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Model pengembangan dari penelitian ini mengadaptasi dari tipe 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahap define, desain, develop, disseminate. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa panduan model pembelajaran TASC mata pelajaran Biologi SMA untuk pendidikan di lingkungan perkotaan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Yogyakarta yang terdiri dari tiga kelas. Subjek uji coba pada tahap pertama atau uji coba skala kecil melibatkan 10 siswa kelas XI IPA 3. Sedangkan subjek uji coba tahap kedua atau uji coba lapangan melibatkan dua kelas yang terdiri dari 60 siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan nilai Ujian Semester kelas XI semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 mata pelajaran biologi yang digunakan untuk uji keseimbangan. Teknik observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan sintaks model TASC yang diterapkan pada pembelajaran biologi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kepraktisan model TASC bagi guru dan siswa, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TASC dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran TASC yang dilengkapi komponen perangkat pembelajaran berupa panduan model TASC, RPP, lembar kegiatan TASC Wheel dan tes kemampuan berpikir analisis yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif berdasarkan penilaian oleh dosen ahli, guru/ praktisi dan siswa. Hasil uji hipotesis menunjukan model pembelajaran TASC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dengan nilai sig = 0,00. Pencapaian nilai kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Yogyakarta mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara hasil pretest dan postest yaitu sebesar 13,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model thinking actively in social context (tasc), kemampuan berpikir analitis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item