Penentuan Batas Lulus pada Kemampuan Minimal Ujian Kompetensi Kejuruan dengan Metode Standard Setting SMK Otomotif Kabupaten Brebes

Nurhaji, Soffan (2015) Penentuan Batas Lulus pada Kemampuan Minimal Ujian Kompetensi Kejuruan dengan Metode Standard Setting SMK Otomotif Kabupaten Brebes. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-soffan-nurhaji-13701251021.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh: (1) validitas dan reliabilitas tes hasil analisis karakteristik butir soal dalam penentuan skor batas kelulusan; (2) penentuan skor batas kelulusan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di Kabupaten Brebes berdasarkan standard setting dengan Angoff, Direct Consensus Methodand Contrasing Group Methods; (3) akurasi dalam menentukan skor batas kelulusan berdasarkan nilai standar deviasi dan standar eror dari dua putaran pada masing-masing metode. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, yang dilakukan di Kabupaten Brebes dengan sumber data berupa data set respons peserta try out UKK SMK TKR tahun pelajaran 2013/2014 dan panelis yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran Produktif (MGMP) sebanyak 7 orang (judgement).Subjek dalam penelitian ini adalah peserta tes 879 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah respons. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Judgement digunakan untuk menentukan cutscore dengan menggunakan Angoff, Direct Consensus Method andContrasting Group Methods. Keakuratan metode dalam menentukan cutscore ditunjukkan dengan kecilnya nilai nilai standar deviasi dan standar eror dari dua putaran pada masing-masing metode Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Validitas dan reliabilitas tes hasil analisis karakteristik butir soal berdasarkan teori tes klasik,menunjukan rerata tingkat kesukaran semua item 0,509, artinya tes ini rata-rata dijawab benar oleh 50,9% siswa. Berdasarkan teori respon butir, parameter butir yang sudah diperoleh dapat diketahui fungsi informasi tes maksimum sebesar 9,805 padaθ = −0,6, dibutuhkan kemampuan −0,6 untuk menjawab dengan benar pada perangkat soal UKK. (2) Skor batas lulus pada Mata Pelajaran Produktif UKK SMK TKR tahun pelajaran 2013/2014 yang diperoleh dari metode Angoff sebesar 53,95 (skala 100).Direct Consensus Method sebesar 60,19 (skala 100) dan Contrasting Group Method sebesar 21 (skala 40) atau 52,50 (skala 100). (3) Direct Consensus Method merupakan metode yang paling akurat dibandingkan dengan metode Angoff dan Contrasting Groups Method.Hal ini terlihat dari nilai standar eror yang diperoleh relatif paling kecil, yaitu 0,981.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: batas lulus (cutscore), standard setting, metode Angoff, Direct Consensus Method, Contrasting Group Method
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25924

Actions (login required)

View Item View Item