Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di SMA Kota Yogyakarta

Mulyaningsih, Nurul (2015) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 di SMA Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-mulyaningsih-13701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsiskan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan pendekatan Saintifik yang meliputi; (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan proses pembelajaran, dan (c) penilaian di SMA Kota Yogyakarta, dibandingkan dengan standar pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi ketimpangan atau Discrepancy Model. Subyek penelitian terdiri atas guru dan siswa, penarikan sampel dilakukan secara Proportional Random Samplingdengan menggunakan rumus Slovin. Variabel dalam penelitian ini meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan lembar observasi, telaah dokumen RPP dengan lembar telaah, dan angket dengan lembar angket siswa. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan yang terkait dalam pelaksanaan pembelajaran.Pertama, kualitas perencanaan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kota Yogyakarta dengan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik. Kedua,kualitas pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kota Yogyakarta dengan pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 termasuk dalam kategori baik. Ketiga,penilaian hasil belajar termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaksanaan pembelajaran, pendidikan agama islam dan budi pekerti, pendekatan saintifik
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 23 Jun 2022 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item View Item