IDENTIFIKASI PENERAPAN SOFT SKILLS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON

Ari, Subekti M. Rini (2015) IDENTIFIKASI PENERAPAN SOFT SKILLS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
Ari Subekti Rini 09511241006.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

IDENTIFIKASI PENERAPAN SOFT SKILLS DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON Ari Subekti M. Rini 09511241006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui jenis-jenis soft skills yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMKN 1 Sewon; (2) Mengetahui kecenderungan jenis-jenis soft skills yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMKN 1 Sewon. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Sewon pada bulan Januari 2013 sampai September 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 82 siswa kelas XI anggota PMR SMKN 1 Sewon tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Subyek uji coba instrumen adalah kelas XI anggota PMR di SMKN 4 Yogyakarta sebanyak 30 siswa. Hasil pengujian validitas instrumen diperoleh 19 butir soal sah dan reliabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,883. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dalam kategori dan berupa presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis-jenis soft skills yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMKN 1 Sewon ada sembilan yaitu: tanggung jawab, kerja dalam tim, kepemimpinan, komunikasi lisan, kepedulian sosial, kreatif, manajemen diri, mandiri, dan manajemen waktu. Soft skills yang menonjol ada tiga yaitu kepedulian sosial, tanggung jawab, dan kerja dalam tim; (2) Kecenderungan jenis-jenis soft skills yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMKN 1 Sewon berada pada kategori “baik” (52,4%). Sebagian besar kepedulian sosial adalah “cukup” (53,7%), tanggung jawab adalah “baik” (56,1%), dan kerja dalam tim adalah “baik” (64,6%). Kata Kunci : Soft Skills, PMR, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25922

Actions (login required)

View Item View Item