PengembanganPerangkat Pembelajaran Fisika Problem Based Learning melalui Kegiatan Fieldtrip Pada Materi Energi

Yarid, Hatta (2015) PengembanganPerangkat Pembelajaran Fisika Problem Based Learning melalui Kegiatan Fieldtrip Pada Materi Energi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hatta-yarid-13708251071.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning melalui kegiatan fieldtrip yang layak, (2) mengidentifikasi hasil belajar fisika berupa aspek kognitif, minat belajar,dan berpikir kreatif peserta didik dari pelaksanaan pembelajaran fisika dengan model problem based learningmelaluikegiatanfieldtrip. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mencakup 5 (lima) langkah kegiatan, yaitu menganalisis produk yang dikembangkan atau analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji keterbacaan pada peserta didik dan revisi produk, dan uji coba dan produk akhir. Validasi terhadap perangkat pembelajaran dilakukan oleh dua dosen ahli dan keterbacaan perangkat pembelajaran diujicobakan pada peserta didik. Subjek coba dilakukan pada kelas XI SMA sebanyak 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis isi dan analisis deskriptif presentase. Kesimpulandaripenelitianiniadalah: (1) perangkatpembelajaranfisika model problem based learningmelaluikegiatanfieldtrip dinyatakanlayakdengankriteriabaik, (2) hasilbelajarpadaaspekkognitifdiperoleh rata-rata kelaseksperimensebesar 62,93, dan rata-rata kelaskontrolsebesar 57,20. Hasilminatbelajarpesertadidik, padakelaseksperimenmemiliki rata-rata sebesar 67,50, danpadakelaskontrolmemiliki rata-rata sebesar 65,65. Sedangkanhasilbelajarberpikirkreatifpesertadidikdiperoleh rata-rata kelaseksperimensebesar 74,91, dan rata-rata kelaskontrolsebesar 65,56. Namunpenelitianinimasihterdapatkelemahandanketerbatasan, yakniproduk yang telahdibuattidakdilakukanujiketerbacaansecarakeseluruhankepesertadidik, produk yang diujicobakanhanyatesminatbelajar, dantesaspekkognitif, halinikarenakondisi di lapangantidakmemungkinkan; danvalidasiprodukhanyadilakukanpadadosenahli, belumdilakukanvalidasikepada guru atausejawatsebagaibagiandarikesempurnaanproduk.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, fieldtrip, hasil belajar, kognitif, minat belajar, berpikir kreatif, perangkat pembelajaran fisika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25918

Actions (login required)

View Item View Item