Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Ranah Kognitif dan Keterampilan Proses Siswa SMA pada Mata Pelajaran Fisika

Susilo, Harsono (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Ranah Kognitif dan Keterampilan Proses Siswa SMA pada Mata Pelajaran Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-harsono-susilo-13708251084.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kevalidan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran fisika siswa SMA, (2) peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri, dan (3) peningkatan keterampilan proses siswa setelah diterapkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, et al. (1974). Prosedur penelitian ini meliputi: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Subjek uji coba validasi produk dilakukan di MAN Yogyakarta 1. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, tes, dan nontes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon siswa terhadap LKS, soal pilihan ganda, dan lembar observasi. Hasil wawancara digunakan untuk penilaian kebutuhan. Hasil penilaian validasi perangkat dan angket respon siswa terhadap LKS untuk mengetahui kelayakan perangkat yang dikembangkan. Hasil ranah kognitif dan keterampilan proses untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian ini yaitu (1) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan dinyatakan valid untuk digunakan berdasarkan expert judgment dari ahli, (2) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, dan (3) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, inkuiri, ranah kognitif, dan keterampilan proses
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item