Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Gametogenesis dan Menstruasi Berbantuan Komputeruntuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA

Al jauhari, Febriana (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Gametogenesis dan Menstruasi Berbantuan Komputeruntuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febriana-al-jauhari-13708251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk terwujudnya: (1) produk media pembelajaran berbantuan komputer yang layak untuk peserta didik; (2) peningkatan minat belajar biologi peserta didik dan (3) peningkatan pemahaman konsep biologi peserta didik kelas XI SMAN 1 Sambit. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang meliputi lima tahap utama, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap desain produk, produksi dan validasi, uji coba dan revisi produk, dan produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 46 peserta didik kelas XI SMAN 1 Sambit yang terdiri atas sembilan peserta didik untuk uji terbatas dan 37 peserta didik untuk uji coba lapangan (18 peserta didik untuk kelompok eksperimen dan 19 peserta didik untuk kelompok kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, teman sejawat, guru mata pelajaran dan peserta didik untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbantuan komputer yang telah dikembangkan; angket minat belajar untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; serta tes pemahaman konsep untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran komputer yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi berdasarkan hasil validasi ahli materi, dengan skor total 56 dari skor maksimal 64 (sangat baik), validasi oleh ahli media dengan skor total 41 dari skor maksimal 56 (baik), validasi oleh pendidik dan teman sejawat dengan skor total 104 dan 104,3 dari skor maksimal 120 (sangat baik), validasi oleh peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan skor total 66,89 dan 67,5 dari skor maksimal 76 (sangat baik); (2) media pembelajaran komputer yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang ditunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik kelas eksperimen dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan power point dengan p = 0,000 pada α = 0,05; (3) media pembelajaran komputer yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang ditunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen dibandingkan dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan power point dengan p = 0,000 pada α = 0,05. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan untuk pembelajaran biologi sub materi gametogenesis dan menstruasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, minat belajar, dan pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item