Trifanto, Febri (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Materi Larutan Elektrolit untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-febri-trifanto-13708251009.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi larutan elektrolit untuk siswa SMA/MA; 2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran kimia berbasis android pada aspek media dan aspek materi serta 3) mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil kognitif dari siswa yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis android. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dan Dick & Carey. Tahapan pengembangan ini terdiri atas empat tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangkan produk media pembelajaran, evaluasi/penilaian produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi yang menilai media dari aspek pembelajaran dan materi, dan dosen ahli media yang menilai media dari aspek tampilan visual dan rekayasa perangkat lunak. Penilaian produk juga dilakukan oleh lima guru kimia dan lima peer reviewer yang meliputi aspek pembelajaran, aspek materi, aspek tampilan visual dan aspek rekayasa perangkat lunak. Siswa menilai media dari aspek materi/pembelajaran dan aspek tampilan/operasional media. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas X SMA N 2 Ngaglik, dengan 31 orang untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian, angket kemandirian dan tes soal Hasil penelitian adalah: 1) sebuah software media pembelajaran kimia berbasis android yang layak digunakan; 2) media pembelajaran kimia berbasis android dinilai baik oleh ahli materi, ahli media, guru kimia, peer reviewer dan siswa dan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia serta 3) terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis android.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media, kemandirian belajar, implementasi kurikulum |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 07:34 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |