Keefektifan Model Inquiry Lesson untuk Mengembangkan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul

Wahyuningsih, Eti (2015) Keefektifan Model Inquiry Lesson untuk Mengembangkan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eti-wahyuningsih-13708251089.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inquiry lesson untuk mengembangkan berpikir divergen dan kreatif dalam KPS pada pokok bahasan sistem reproduksi peserta didik kelas XI yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Bantul tahun ajaran 2014/ 2015. Sampel penelitian ini adalah 62 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik dan kelas eksperimen sebanyak 31 peserta didik ditentukan dengan cluster random sampling technique. Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry lesson. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Lembar observasi digunakan untuk memastikan keterlaksanaan model pembelajaran inquiry lesson dan model konvensional bahwa tidak ada sintaks yang terlewatkan. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir divergen dan kreatif dalam KPS peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis covariat (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry lesson efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen pada taraf signifikansi 0,05 (0,000) dan berpikir kreatif dalam KPS pada taraf signifikansi 0,05 (0,000).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model inquiry lesson, berpikir divergen, berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25905

Actions (login required)

View Item View Item