Keefektifan Model Guided Inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bantul

Rahayu, Dwi (2015) Keefektifan Model Guided Inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-rahayu-13708251123.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model guided inquiry untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan kreatif dalam keterampilan proses sains peserta didik kelas XI yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas XI SMA N 1 Bantul pada pokok bahasan sistem reproduksi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalen pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas XI SMA N 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah 62 peserta didik, yaitu 32 peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model guided inquiry, dan 30 peserta didik pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model konvensional ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Lembar observasi untuk memastikan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry dan model konvensional bahwa tidak ada sintaks yang terlewatkan. Tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir divergen dan kreatif dalam keterampilan proses sains. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji ANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan kreatif dalam keterampilan proses sains peserta didik peserta didik kelas XI yang memiliki karakteristik yang sama dengan peserta didik kelas XI SMA N 1 Bantul pada pokok bahasan sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, berpikir divergen, berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25901

Actions (login required)

View Item View Item