Karakteristik Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Aziz, Abdul (2015) Karakteristik Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdul-Aziz-13701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika SMA Kelas X yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran pada masing-masing sekolah di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui dua tahap. Pertama, analisis kualitatif yaitu telaah oleh ahli berdasarkan aspek materi, konstruk, dan bahasa untuk mendapatkan informasi tentang kaidah penulisan soal yang baik. Kedua, analisis kuantitatif data bentuk politomus model penskoran GPCM dengan menggunakan program PARSCALE 4.1 untuk mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi informasi tes. Sumber data adalah lembar jawaban dari 617 peserta didik dari enam SMA yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa karakteristik butir soal pada semua sekolah dilihat dari aspek materi butir soal baik tetapi tidak terdapat kisi-kisi soal, dari aspek konstruk butir soal yang baik sebanyak 13 butir soal, dari aspek bahasa butir soal yang baik sebanyak 23 butir soal. Kedua, hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa karakteristik butir soal di SMA A dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat tiga butir soal sukar, dua butir soal sedang, dua butir soal mudah. Daya beda butir soal terdapat empat butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik. SMA B dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat satu butir soal sukar, satu butir soal sedang, enam butir soal mudah. Daya beda butir soal terdapat tiga butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik. SMA C dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat tiga butir soal sukar, satu butir soal mudah. Daya beda butir soal terdapat tiga butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik. SMA D dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat dua butir soal sukar, dua butir soal sedang. Daya beda butir soal terdapat dua butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik. SMA E dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat dua butir soal sukar, dua butir soal mudah. Daya beda butir soal terdapat satu butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik. SMA F dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat satu butir soal sukar, empat butir soal mudah. Daya beda butir soal terdapat tiga butir soal baik, dan fungsi informasi tes cukup baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik soal Ujian Akhir Semester, Teori Respon Butir, GPCM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 21 Jun 2022 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25900

Actions (login required)

View Item View Item