Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran Pada Homeschooling Primagama dan Homeschooling Anugrah Bangsa (ANSA) di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nengsih, Yanti Karmila (2015) Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran Pada Homeschooling Primagama dan Homeschooling Anugrah Bangsa (ANSA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yanti-karmila-nengsih-13704251036.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan pengelolaan pembelajaran pada homeschooling mengenai aspek (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi pembelajaran, dan (4) faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatakan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di DIY yang berlokasi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Sumber informasi meliputi kepala sekolah, tutor/guru dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Homeschooling primagama mengidentifikasi kebutuhan peserta didik melalui tes psikologi oleh psikolog, homeschooling ANSA melalui wawancara oleh pihak homeschooling. Perencanaan pembelajaran pada homeschooling primagama disusun berdasarkan silabus dan RPP. Homeschooling ANSA melakukan perencanaan pembelajaran menyesuaikan dengan bahan ajar dan buku agenda belajar yang telah disepakati oleh tutor/guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. (2) Pelaksanaan pembelajaran di homeschooling primagama lebih bersifat semi formal dan terstruktur, sedangkan homeschooling ANSA lebih bersifat informal. (3) Evaluasi pembelajaran di homeschooling primagama terdiri dari aspek kognitif yang dievaluasi oleh tutor/guru, aspek afektif dievaluasi oleh psikolog. Homeschooling ANSA aspek kognitif dan afektif dievaluasi oleh tutor/guru. (4) Faktor pendorong peserta didik dalam belajar di homeschooling primagama yaitu motivasi dalam diri peserta didik dan orangtua, sedangkan faktor penghambat yaitu sakit-sakitan, pengaruh gadget, dan game online. Homeschooling ANSA faktor pendorong yaitu untuk meraih cita-cita dan membanggakan orangtua, sedangkan faktor penghambat yaitu ketika peserta didik banyak kegiatan di luar dan masih kurang lengkapnya fasilitas belajar di homeschooling.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, homeschooling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item View Item