Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Lingkungan pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Karanggedang, Purbalingga

'Aliyah, Siti Muhimatun (2015) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Lingkungan pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi Karanggedang, Purbalingga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-muhimatun-aliyah-13704251020.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses dan hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media lingkungan pada anak kelompok B di TK Pertiwi Karanggedang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dan enam pertemuan. Peneliti bertindak sebagai pengamat, sedangkan guru kelas yang mengajar di kelas dan bertindak sebagai praktisi yang menjalankan scenario pembelajaran. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B, TK Pertiwi yang berjumlah 35 anak, terdiri dari 21 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru selama proses pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan mengenal bilangan mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran guru yang tadinya belum menggunakan media lingkungan pada pembelajaran menjadi dapat menggunakan mengenal bilangan melalui media lingkungan pada anak kelompok B usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Karanggedang Kabupaten Purbalingga. Hasil pembelajarannya meningkat pada proses pembelajaran pada 4 indikator mengenal bilangan yaitu menyebutkan angka 1-20; menunjukkan angka 1-20; mencocokkan jumlah benda dengan lambang bilangan 1-20; mengurutkan angka 1-20 dengan persentase kriteria MB 5 anak sebesar 14,29%, kriteria BSH 25 anak sebesar 71,42%, kriteria BSB 5 anak sebesar 14,29% dengan hasil persentase sebesar 62,59% peningkatan dengan rerata pada siklus I ini sebesar 10,02. Dari hasil siklus I meningkat pada siklus II dengan persentase kriteria MB 4 anak sebesar 11,43%, kriteria BSH 25 anak sebesar 71,42%, kriteria BSB 6 anak sebesar 17,15% dengan hasil persentase sebesar 65,98% peningkatan dengan rerata pada siklus II ini sebesar 10,56. Dari siklus II meningkat pada siklus III kriteria MB 1 anak sebesar 2,86%, kriteria BSH 4 anak sebesar 11,43%, kriteria BSB 30 anak sebesar 85,71% dengan hasil persentase sebesar 82,86% peningkatan dengan rerata pada siklus III ini sebesar 13,26. Maka pada penelitian ini anak menjadi mandiri, kreatif, aktif bertanya dan semangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan yaitu; (1) guru mengenalkan media lingkungan pada anak, (2) setiap anak memperoleh media konkret dengan menunjukkan lambang bilangan 1-10 sesuai jumlah benda konkret yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal bilangan, media lingkungan, anak kelompok B
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 06 Apr 2016 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item