Pendekatan Partisipatori dalam Pelatihan Produksi Pengolahan Sagu untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha (Studi di KBU PKBM Sejahtera Desa Alai, Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau)

Alvi, Ria Rizkia (2015) Pendekatan Partisipatori dalam Pelatihan Produksi Pengolahan Sagu untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha (Studi di KBU PKBM Sejahtera Desa Alai, Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ria-rizkia-alvi-13704251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pelatihan dan (2) keterampilan berwirausaha melalui pendekatan partisipatori dalam pelatihan produksi pengolahan sagu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di KBU PKBM Sejahtera Desa Alai, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok belajar usahayang berjumlah lima orang. Tindakan yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan partisipatori dalam pelatihanproduksi pengolahan sagu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan partisipatori yang digunakan dalam proses pelatihan dapat meningkatkan keterampilan berwirausaha berupa peningkatan kognitif dan psikomotor peserta pelatihan. Proses pelatihan dengan pendekatan partisipatori mengalami peningkatan yang signifikan, pada pra tindakan rata-rata 18 (25%), siklus I rata-rata 43 (59.72%) dan siklus II rata-rata 67 (93.05%). Keterampilan berwirausaha berupa aspek kognitif mengalami peningkatan yang signifikan, pada pra tindakan 15 (46.87%), siklus I rata-rata 20 (62.5%) dan siklus II rata-rata 28 (87.5%). Keterampilan berwirausaha berupa aspek psikomotor mengalami peningkatan yang signifikan, pada pra tindakan rata-rata 10 (25%), siklus I rata-rata 22.2 (55.5%), dan siklus II mendapatkan skor rata-rata 34.2 (85.5%) sehinggasemua aspek mencapai indikator keberhasilan yakni rata-rata ≥ 25 dengan persentase 80%. Dengan demikian, pendekatan partisipatori dalam pelatihan produksi pengolahan sagu dapat meningkatkan keterampilan berwirausaha pada peserta pelatihan di KBU PKBM Sejahtera.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, pengolahan sagu, keterampilan berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25893

Actions (login required)

View Item View Item