Evaluasi Keberhasilan Program Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hayati, Nurul (2015) Evaluasi Keberhasilan Program Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-hayati-13704251028.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perencanaan program (2) pelaksanaan program (3) hasil dari pelaksanaan program dan (4) dampak program Taman Bacaan Masyarakat pada TBM Mata Aksara, TBM Cakruk Pintar, TBM Luru Ilmu, dan TBM Rumah Asa dalam meningkatkan minat baca masyarakat Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO, yang terdiri dari context, input, process, product, dan outcome. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tersebut disusun secara sistematis yang meliputi : (a) evaluasi konteks, (b) evaluasi masukan, (c) evaluasi proses, (d) evaluasi produk, dan (e) evaluasi dampak. Informan penelitian ini terdiri dari dua orang pengelola atau fasilitator TBM Mata Aksara, TBM Cakruk Pintar, TBM Luru Ilmu, dan TBM Rumah Asa, dan dua orang pengunjung atau peserta TBM Mata Aksara, TBM Cakruk Pintar, TBM Luru Ilmu, dan TBM Rumah Asa. Data penelitian ini dikumpulkan melalu wawancara mendalam secara terstruktur, observasi tidak langsung, dan analisis dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif diantaranya adalah pengumpulan data, pengkodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 temuan. Pertama, Setiap TBM memiliki program kegiatan yang berbeda. Kedua, pelaksanaan kegiatan program pada masing-masing TBM telah berjalan dengan baik. Ketiga, hasil pelaksanaan kegiatan program disimpulkan baik dengan berbagai prestasi yang diraih oleh TBM. Keempat, dampak kegiatan program pada masing-masing TBM disimpulkan baik, karena memiliki manfaat positif terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Taman Bacaan Masyarakat, Keberhasilan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item View Item