PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL TUGAS AKHIR SISWA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMKN 2 YOGYAKARTA

Andreas, E. A. Wijaya (2015) PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL TUGAS AKHIR SISWA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
andreas e a wijaya.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL TUGAS AKHIR SISWA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMKN 2 YOGYAKARTA Oleh Andreas E. A. Wijaya NIM. 09501244031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kreativitas siswa, (2) kecenderungan gaya belajar siswa, (3) hasil tugas akhir siswa, (4) pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil tugas akhir siswa, (5) pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil tugas akhir siswa, (6) pengaruh gaya belajar auditorial terhadap hasil tugas akhir siswa, (7) pengaruh gaya belajar kinesthetic terhadap hasil tugs akhir siswa dan (8) pengaruh kreativitas dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil tugas akhir siswa program keahlian teknik instalasi tenaga listrik di SMKN 2 Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua variabel (X) yaitu: kreativitas siswa (X1) dan gaya belajar (X2) yang dibagi menjadi gaya belajar visual , gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinesthetic , tersebut adalah sebagai variabel bebas, dan hasil tugas akhir siswa (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan penilaian oleh peneliti dengan skala likert. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan uji beda menggunakan anova. Pengujian signifikansi koefisien korelasi secara individu dilakukan dengan uji-t, sedangkan uji beda menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil tugas akhir siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,680, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jenis-jenis gaya belajar terhadap hasil tugas akhir yang dibuat oleh siswa (3) kecenderungan gaya belajar siswa berturut-turut dari yang paling tinggi adalah gaya belajar visual 40 siswa, gaya belajar kinesthetic 33 siswa dan gaya belajar auditorial 20 siswa (4) rerata skor gaya belajar visual 21,75, gaya belajar auditorial 21,45 dan gaya belajar kinesthetic 22,18. Kata kunci: hasil tugas akhir, kreativitas, gaya belajar visual, auditory & kinesthetic

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25887

Actions (login required)

View Item View Item