Pengembangan Model Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Prinsip The Great Young Entrepreneur di SMK untuk Kurikulum 2013

Purbaningrum, Catarina Wahyu Dyah (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Prinsip The Great Young Entrepreneur di SMK untuk Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-catarina wahyu dyah purbaningrum-13702251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip “The Great Young Entrepreneur” di SMK untuk kurikulum 2013; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK untuk kurikulum 2013 yang dapat menumbuhkan mental dan motivasi peserta didik untuk berwirausaha; (3) mengetahui tingkat kepraktisan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip The Great Young Entrepeneur yang telah dikembangkan; dan (4) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip The Great Young Entrepreneur yang telah dikembangkan. Pengembangan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip The Great Young Entrepreneur ditempuh melalui lima tahap, yaitu: (1) tahap investigasi awal; (2) tahap desain; (3) tahap realisasi; (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) tahap implementasi. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK di Gunungkidul. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, meliputi data: (1) validitas instrumen, model, dan perangkat pembelajaran; (2) keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan respon guru. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar: (1) validasi; (2) penilaian kepraktisan model; (3) observasi (pengamatan) keterlaksanaan model dan observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran; dan (4) penilaian efektifitas model. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip The Great Young Entrepreneur dapat digunakan dengan baik (mulai dari awal pembentukan kelompok sampai dengan pendampingan usaha melalui The Great Young Entrepreneur Community). (2) Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari pengembangan model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip TGYE yaitu: buku panduan model dan materi ajar. (3) Model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip TGYE dan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil ujicoba memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli, pelaksanaan model pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. (4) Model pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan prinsip TGYE dan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil ujicoba memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran, Prakarya dan Kewirausahaan, Siswa SMK, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 08 Sep 2022 06:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25884

Actions (login required)

View Item View Item