Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan pada Materi Pengolahan Berbasis Product Oriented bagi Peserta Didik SMK

Anggraini, Anita (2015) Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan pada Materi Pengolahan Berbasis Product Oriented bagi Peserta Didik SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anita anggraini-13702251058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: menghasilkan produk pengembangan berupa modul berbasis product oriented yang layak digunakan untuk mendukung pembelajaran prakarya dan kewirausahaan materi pengolahan bagi peserta didik SMK; dan mendeskripsikan keefektifan modul prakarya dan kewirausahaan pada materi pengolahan berbasis product oriented untuk meningkatkan kemampuan memahami bagi peserta didik SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) memodifikasi konsep R & D dari Borg dan Gall. Pengembangan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu didahului studi pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk, uji coba dan revisi, hingga validasi akhir. Subjek uji coba berjumlah 35 orang, yakni dua orang ahli materi, satu orang ahli media pembelajaran, tiga orang guru sebagai praktisi, dan 29 peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Sewon, Bantul. Subjek uji coba terbatas terdiri dari sembilan orang peserta didik, dan subjek uji coba lapangan terdiri dari 20 peserta didik. Teknik analisis data meliputi analisis secara kualilatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik, saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan peserta didik dihimpun dan sarikan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa data ordinal hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan peserta didik yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan data kuantitatif hasil tes kemampuan memahami bagi peserta didik dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa uji-t sampel berpasangan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: hasil validasi menurut ahli materi, ahli media, guru sebagai praktisi, dan peserta didik sebagai pengguna menunjukkan bahwa modul berbasis product orientied ini layak digunakan sebagai media pembelajaran prakarya dan kewirausahaan materi pengolahan; dan hasil pengujian hipotesis diperoleh Sig. 0,000 yang berarti pada taraf Sig. < 0,05 terdapat peningkatan nilai post-test dari nilai pre-test, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa modul berbasis product oriented ini efektif digunakan dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pada materi pengolahan untuk meningkatkan kemampuan memahami bagi peserta didik SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul, prakarya dan kewirausahaan, pengolahan, product oriented, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 05 Sep 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item