Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Disiplin, dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul

Rustamaji, Rustamaji (2015) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Disiplin, dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Diklat Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rustamaji-11702259034.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pengaruh: (1) kegiatan ekstrakurikuler, (2) disiplin belajar, (3) gaya belajar,dan (4) kegiatan ekstrakurikuler, disiplin, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa mata diklat produktif kompetensi keahlian teknik audio video SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kompetensi keahlian teknik audio video SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. Sampel penelitian ini sejumlah 93 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel dan analisis regresi yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 3,658 dan kontribusi kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar sebesar 12,8%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 4,185 dan kontribusi disiplin terhadap prestasi belajar sebesar 16,1%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar dengan thitung = 12,739 dan kontribusi gaya belajar terhadap prestasi belajar sebesar 62,4%. (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler, disiplin, dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 63,952 dan kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama yaitu sebesar 68,3% terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kegiatan ekstrakurikuler, disiplin, gaya belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item