Pengembangan Model Teacherpreneur pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Yogyakarta

Prihadi, Wisnu Rachmad (2015) Pengembangan Model Teacherpreneur pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wisnu rachmad prihadi-13702251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkapkan pengembangan profesionalitas pendidik yang selama ini diterapkan; (2) menemukan model pengembangan teacherpreneur, dan (3) mengujicoba keefektifan model internal pengembangan teacherpreneur di SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model internal. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMK Perindustrian Yogyakarta, SMK PIRI 1 Yogyakarta, dan SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan profesionalitas pendidik pada guru SMK yang diteliti sebagian besar berasal dari pemerintah, dan dari sekolah. Program pemerintah terdiri dari musyawarah guru matapelajaran (MGMP), on job training (OJT), sosialisasi kurikulum, ujian kompetensi, diklat assessor. Sedangkan program pada sekolah bergantung pada kebijakan dan strategi dari masing-masing kepala sekolah. (2) Model pengembangan teacherpreneur yang dikembangkan tersusun atas model kompetensi, model kreativitas, dan model efektivitas. (3) Keefektifan model hasil uji internal yang melibatkan birokrat dari kantor Dinas Pendidikan Kota, ahli pendidikan kejuruan, dan pengelola SMK menyimpulkan bahwa para ahli setuju dengan kategori: (a) komponen model telah lengkap (92,83%) (b) struktur komponen model telah jelas (91,65%); (c) hubungan antar komponen model telah jelas (95,83%); (d) keterbacaan model telah baik (95,83%); (e) model telah layak (95,83%); dan (f) model efektif jika diimplementasikan (87,5%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, profesionalitas, pendidik, teacherpreneur
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 08 Sep 2022 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item