Pengaruh Kelengkapan Fasilitas, Pengelolaan Bengkel, dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Praktik Bubut Siswa SMK Se-Kabupaten Kebumen

Asri, Sarwi (2015) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas, Pengelolaan Bengkel, dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Praktik Bubut Siswa SMK Se-Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sarwi-asri-13702251036.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kelengkapan fasilitas, pengelolaan bengkel, dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar praktik bubut siswa SMK se- Kabupaten Kebumen. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK se- Kabupaten Kebumen yang berjumlah 1.035 siswa. Pengambilan data menggunakan angket dengan model skala Likert dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan empat temuan. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kelengkapan fasilitas terhadap prestasi belajar praktik bubut siswa pada taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar praktik bubut siswa sebesar 32,37%. (2) Terdapat pengaruh yang sigfinikan dari pengelolaan bengkel terhadap prestasi belajar praktik bubut siswa pada taraf signifikansi 0,026 ≤ 0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar praktik bubut siswa sebesar 21,43%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar praktik bubut siswa sebesar 23,71%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari kelengkapan fasilitas, pengelolaan bengkel, dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK se- Kabupaten Kebumen, pada taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05, dan kontribusi terhadap kenaikan prestasi belajar praktik bubut siswa sebesar 40,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kelengkapan fasilitas, pengelolaan bengkel, kompetensi guru, prestasi belajar praktik bubut
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 08:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25876

Actions (login required)

View Item View Item