Proses Perolehan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Program Praktik Industri pada Industri Pasangan SMKN 2 Pengasih Kulon Progo

Majid, Nuur Wachid Abdul (2015) Proses Perolehan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Program Praktik Industri pada Industri Pasangan SMKN 2 Pengasih Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuur wachid abdulmajid-13702251059 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses belajar siswa untuk mendapatkan kompetensi melalui program PI di DUDI; dan (2) hasil yang didapat siswa setelah mengikuti program PI di DUDI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Setting penelitian ini adalah di PT. JMI sebagai industri pasangan SMKN 2 Pengasih. Informan pada penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik PT JMI, pembimbing industri, pembimbing siswa dari sekolah, dan siswa peserta PI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis model interaktif Miles & Huberman, meliputi pengumpulan data, data condensation, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perolehan kompetensi TIK dalam program PI adalah: (1) proses belajar siswa untuk mendapatkan kompetensi di tempat industri, meliputi: (a) melalui pengamatan dan mendengarkan, (b) belajar sambil menyelesaikan tugas (learning by doing) dan mengikuti aktivitas kerja, (c) belajar melalui pengalaman, (d) belajar memecahkan masalah, (e) belajar melalui kondisi lingkungan kerja, (f) belajar mandiri, dan (g) belajar secara terus menerus dan diulang-ulang; dan (2) hasil yang didapat siswa setelah mengikuti program PI yaitu mampu menunjukkan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat dideskripsikan antara lain: pengetahuan terkait dunia kerja, keterampilan kerja, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, dan sikap yang berkaitan dengan DUDI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: proses perolehan kompetensi, hasil perolehan kompetensi, Program PI, pembelajaran di DUDI, TIK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 08 Sep 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25872

Actions (login required)

View Item View Item