Abizar, Haris (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lesson Study pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-haris abizar-13702251029.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut; (2) mengevaluasi tingkat kelayakan silabus dan RPP lesson study mata pelajaran teknik pemesinan bubut; (3) mengukur tingkat efektivitas penerapan produk silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK Negeri 2 Depok, Sleman; dan (4) mengukur tingkat keterlaksanaan lesson study dan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan berdasarkan Richey & Klein (2010). Jenis pengembangan berupa penelitian pengembangan produk perangkat pembelajaran silabus dan RPP lesson study. Tahapan pengembangan produk terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Uji coba produk terdiri dari uji coba internal dan eksternal. Uji coba internal mencakup hasil evaluasi pada validasi produk dan instrumen. Uji coba eskternal mencakup hasil efektivitas belajar peserta didik dengan materi praktik pembubutan ulir metrik dan withworth di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, respon guru dan observer terhadap pelaksanaan lesson study, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil uji coba menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen kuisioner, lembar wawancara, kumpulan dokumen, soal uraian ulir dan WP, lembar observasi rating scale dan catatan anekdot. Subyek penelitian ini menggunakan 30 peserta didik kelas XI TP B. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama karakteristik produk silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran pemesinan bubut terdiri dari pembelajaran bersama (mutual learning) dan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kedua penilaian produk silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dinyatakan layak untuk digunakan. Ketiga efektivitas pembelajaran menggunakan silabus dan RPP lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut dengan nilai praktik rata-rata 85,37 lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dengan nilai praktik rata-rata 79,84. Keempat respon guru dan observer terhadap keterlaksanaan lesson study dalam menerapkan silabus dan RPP pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut adalah sangat baik dan respon peserta didik kelas XI TP-B SMK Negeri 2 Depok, Sleman terhadap efektivitas pembelajaran praktik pemesinan bubut adalah baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, lesson study, teknik pemesinan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:41 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25863 |
Actions (login required)
View Item |