Anggraini, Fetrika (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Model Student Company di SMK Negeri 1 Godean. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-fetrika anggraini-13702251038.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kewirausahaan model student company. Modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar, penyajian, dankegrafisan, dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahap Design, Develop, dan Desseminase. Penelitian ini ini hanya sampai pada tahap Desseminase. Penelitian ini hanya pada sampai pada tahap Develop. Tahap Dessiminase tidak dilaksanakan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Godean sejumlah 74 orang siswa dengan rincian, 10 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 64 orang siswa untuk uji lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, tes (pre tes dan pos tes) dan lembar observasi. Masukan terhadap modul hasil pengembangan uji coba tertentu digunakan untuk dasar perbaikan modul pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran kewirausahaan model student company adalah sebagai berikut, (1) Prosedur pengembangan yang digunakan melalui tiga tahap yaitu pendefinisian tentang analisis kebutuhan, perancangan desain produk awal, pengembangan produk, evaluasi, dan produk akhir. (2) Kualitas modul pembelajaran berdasarkan hasil penilaian ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian dan aspek kegrafisan secara keseluruhan berkualitas “baik”. Berdasarkan penilaian dari para ahli, guru dan teman sejawat dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran hasil pengembangan tersebut layak digunakan. (3) Penerapan modul pembelajaran kewirausahaan model student company secara umum dapat terlaksana. (4) Respon siswa terhadap modul pembelajaran kewirausahaan termasuk dalam kategori “baik”. (5) Pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan pemahaman siswa yang ditujukan oleh peningkatan skor post-test terhadap pre-test sebesar 81,6 dan presentase ketuntasan siswa sebesar 89%. Pembelajaran juga mampu melatih kemandirian siswa dalam belajar dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, modul, kewirausahaan, student company |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:41 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25862 |
Actions (login required)
View Item |