Relevansi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Audio Video dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Industri di Kabupaten Bantul

Setiawan, Aji (2015) Relevansi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Audio Video dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Industri di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aji-setiawan-11702251024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) standar kompetensi yang dibutuhkan industri bidang audio video, (2) kompetensi siswa SMK program keahlian teknik audio video, dan (3) relevansi standar kompetensi dan kompetensi siswa SMK program keahlian teknik audio video dengan kompetensi yang dibutuhkan industri di Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di 4 SMK yang memiliki kompetensi keahlian teknik audio video dan 20 industri di Kabupaten Bantul. Subjek penelitian adalah 140 siswa kelas XII dan pimpinan industri audio video. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan tabulasi yang disajikan dalam grafik diagram batang dan lingkaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) kebutuhan kompetensi bidang audio video di industri di Kabupaten Bantul adalah kemampuan afektif sebesar 71,24% dengan kriteria dibutuhkan, kognitif sebesar 89,51% dengan kriteria dibutuhkan, dan psikomotorik sebesar 81,32% dengan kriteria dibutuhkan; (2) kompetensi siswa teknik audio video di Kabupaten Bantul pada ranah afektif mencapai 72,36% dengan katagori baik, kognitif 78,5 dengan kriteria tuntas, dan psikomotorik mencapai nilai rata-rata 84,1 dengan kriteria tuntas; dan (3) relevansi standar kompetensi siswa teknik audio video di Kabupaten Bantul dengan kompetensi yang dibutuhkan industri mencapai 84% dengan katagori relevan, dan relevansi kompetensi siswa mencapai kriteria relevan dan tuntas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: relevansi, kompetensi, teknik audio video
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 09 May 2019 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25861

Actions (login required)

View Item View Item