Pengembangan Sumber Dana Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan

Ramadhan, M. Agphin (2015) Pengembangan Sumber Dana Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m. agphin ramadhan-13702251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui sumber dana sekolah yang selama ini diterapkan; (2) menemukan model pengembangan sumber dana alternatif sekolah, dan (3) mengujicoba keefektifan internal model pengembangan sumber dana sekolah di SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian internal model. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Perindustrian Yogyakarta, SMK PIRI 1 Yogyakarta, dan SMK Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sumber dana SMK yang diteliti sebagian besar berasal dari pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemerintah kota dan berasal dari masyarakat; (2) sumber dana alternatif yang selama ini digali oleh SMK berasal dari penyewaan kantin, unit produksi dan koperasi; dan (3) peran sumber dana alternatif terhadap anggaran belanja operasional sekolah yang rata-rata sebesar Rp 9.813.694.425 adalah ≤ 0,39%. Hasil pengembangan menghasilkan model pengembangan sumber dana SMK dari aspek manajemen yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil uji keefektifan internal yang melibatkan birokrat Dinas Pendidikan Kota, ahli pendidikan kejuruan, dan pengelola SMK menyimpulkan bahwa: (1) sebesar 84,5% ahli setuju bahwa komponen model telah lengkap; (2) sebesar 86,3% ahli setuju bahwa struktur komponen model telah jelas; (3) sebesar 80,4% ahli setuju bahwa hubungan antar komponen model telah jelas; (4) sebesar 82,2% ahli setuju bahwa model memiliki keterbacaan yang baik; (5) sebesar 88,1% ahli setuju bahwa model telah layak; dan (6) sebesar 93,3% ahli setuju bahwa model efektif jika diimplementasikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumber dana, unit usaha sekolah, dana alternatif, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 08 Sep 2022 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25860

Actions (login required)

View Item View Item