Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan Untuk Siswa SMK Kelas X

Hardiyantari, Oktavia (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknik Dinamis pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan Untuk Siswa SMK Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-oktavia-hardiyantari-12707251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif menggunakan teknik dinamis pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X agar mempermudah siswa dalam mempelajari materi klasifikasi permasalahan pengoperasian PC dan periferal serta cara mengatasinya., (2) mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) diadaptasi dari model pengembangan multimedia for learning dari Alessi and Trollip yang terdiri dari perencanaan, desain, dan pengembangan. Uji coba produk dilakukan sebanyak 2 (dua) tahapan uji, yaitu: Alpha Testing dan Beta Testing. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu Observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektifitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasikan). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) produk yang dihasilkan adalah multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran produktif teknik komputer dan jaringan untuk siswa SMK kelas X yang terdiri dari kompetensi, materi, dan evaluasi, dimana pada bagian evaluasinya dikembangkan menggunakan teknik dinamis, (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, hal ini ditunjukan dari nilai pada aspek tampilan memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori baik, aspek audio visual memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori baik, aspek pemrograman memperoleh nilai rata-rata 4,2 dengan kategori baik, aspek pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4,54 dengan kategori sangat baik, aspek isi memperoleh nilai rata-rata 4,36 dengan kategori sangat baik, dan hasil uji coba pada siswa memperoleh nilai rata-rata 4,34 dengan kategori sangat baik, dengan rincian pada aspek materi memiliki rata-rata 4,33 (sangat baik) dan aspek media memiliki ratarata 4,35 (sangat baik), (3) peningkatan skor (gain score) rata-rata seluruh siswa dari hasil pretes dan postes sebesar 0,71 (N-gain > 0,70), hal ini menunjukan bahwa efektivitas pengembangan produk termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 09 May 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25859

Actions (login required)

View Item View Item