Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Terakreditasi A Dalam Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman Mengajar dan Status Sosial Ekonomi Guru di Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Hamka, Defrizal (2015) Kinerja Guru Fisika SMA Negeri Terakreditasi A Dalam Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman Mengajar dan Status Sosial Ekonomi Guru di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-defrizal-hamka-13708251109.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan kompetensi guru, serta mengetahui hubungan pengalaman mengajar, status sosial ekonomi dengan kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Kampar dengan subjek penelitian guru fisika yang mengajar di SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar yang berjumlah 21 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan persentase dan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam katergori sangat baik, sedangkan pada penilaian pembelajaran termasuk dalam kategori baik. (2) kompetensi kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada keempat kompetensi berdasarkan penilaian diri guru dan penilaian kepala sekolah termasuk dalam katergori sangat baik. (3) pengalaman mengajar memiliki hubungan korelasi kuat (searah) dan signifikan dengan kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar. (4) status sosial ekonomi memiliki hubungan korelasi kuat (searah) dan signifikan dengan kinerja guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, pengalaman mengajar, status sosial ekonomi guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Last Modified: 09 May 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item View Item