Pengaruh Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning dan Open Ended terhadap Hasil Belajar Kognitif, Sikap dan Ketrampilan Siswa SMP

Yamti, Yamti (2015) Pengaruh Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning dan Open Ended terhadap Hasil Belajar Kognitif, Sikap dan Ketrampilan Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yamti-12709259046.swf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) pengaruh pembelajaran pada bangun ruang sisi lengkung dengan strategi pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learningdan Open Ended terhadap hasil belajar kognitif siswa, (2)pengaruh pembelajaran pada bangun ruang sisi lengkung dengan strategi pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learning dan Open Ended terhadap sikap siswa, dan (3)pengaruh pembelajaran pada bangun ruang sisi lengkung dengan strategi pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learning dan Open Ended terhadap ketrampilan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ini berada di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta dengan subjek penelitian kelas 9 D yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretes, soal postes, lembar observasi, angket, serta lembar tugas individu. Uji normalitas data menggunakan rumus kolmogorov-smirnov, dan uji homogenitas menggunakan uji lavene tes. Untuk menguji perbedaan nilai pretes dan nilai postes digunakan paired simple t tes yang dihitung menggunakan SPSS versi 20.00 Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa terdapatpengaruhpembelajaranbangunruangsisilengkungdenganstrategiContextual Teaching and LearningdanOpen Endedterhadaphasilbelajarkognitif, sikap, dan ketrampilansiswa. (1) Terdapatpengaruhpembelajaranpadabangunruangsisilengkungdenganstrategi pembelajaran kooperatifContextual Teaching and LearningdanOpen Endedterhadaphasilbelajarkognitifsiswa. Hasilbelajarkognitifsiswameningkatdari rata-rata 5,13menjadi 7,02. (2). Terdapatpengaruhpembelajaranpadabangunruangsisilengkungdenganstrategi pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and LearningdanOpen Endedterhadapsikapsiswa. Sikapsiswameningkatdari 2,34menjadi2,94. (3).Terdapatpengaruhpembelajaranpadabangunruangsisilengkungdenganstrategi pembelajaran kooperatif Contextual Teaching and Learningdan Open Endedterhadapketrampilansiswa. Ketrampilansiswamenyelesaikansoalbangunruangsisilengkungmeningkatdari rata-rata 5,25 menjadi 7,22.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning dan open ended, hasil belajar kognitif, hasil belajar sikap, hasil belajar ketrampilan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 09 May 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item