Wati, Susanah (2015) Kesiapan Guru Matematika SMP di Kabupaten Purworejo dalam Implementasi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-susanah-wati-13709251070.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru matematika SMP di Kabupaten Purworejo dalam implementasi Kurikulum 2013 ditinjau dari: (1) kesiapan pengetahuan guru tentang implementasi Kurikulum 2013, (2) sikap guru matematika terhadap implementasi Kurikulum 2013, dan (3) kesiapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan model Concurrent Embedded Strategy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebagai metode primernya, dan dilengkapi metode kualitatif sebagai metode sekunder. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode survei, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMP kelas VII dan VIII di Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian kuantitatif adalah 64 orang guru matematika SMP di Kabupaten Purworejo yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan status dan akreditasi sekolah. Sedangkan sampel penelitian kualitatif adalah empat orang guru untuk teknik observasi dan lima orang guru untuk teknik wawancara yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk penelitian adalah angket dan didukung oleh data-data yang diperoleh dari lembar telaah dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui sikap guru, pengetahuan guru, upaya pengembangan diri yang dilakukan guru dan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013. Lembar telaah dokumen digunakan untuk menilai RPP yang dibuat guru. Pedoman observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data pendukung yang diperoleh dari angket. Analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan kecenderungan kesiapan dalam lima kriteria, yaitu Sangat Siap, Siap, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Sedangkan analisis data kualitatif terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru matematika SMP di Kabupaten Purworejo ditinjau dari: (1) kesiapan pengetahuan guru tentang implementasi Kurikulum 2013 masuk dalam kategori sangat kurang, (2) sikap guru matematika terhadap implementasi Kurikulum 2013 masuk dalam kategori cukup, dan (3) kesiapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori siap.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan guru, sikap guru, kesiapan pengetahuan, kesiapan sarana dan prasarana |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:41 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |