Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan ADOBE FLASH CS3 untuk Pembelajaran Matematika SMA Siswa Kelas X Semester II

Khuzaini, Nanang (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan ADOBE FLASH CS3 untuk Pembelajaran Matematika SMA Siswa Kelas X Semester II. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nanang-khuzaini-10709251039.swf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan ADOBE FLASH CS3 untuk pembelajaran matematika SMA kelas X semester II dan (2) mengetahui kelayakan produk multimedia dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk pembelajaran SMA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran matematika, dilaksanakan melalui tiga tahapan meliputi: pendahuluan, yang meliputi studi pustaka dan studi lapangan; pengembangan, yang meliputi perencanaan dan pengembangan produk awal; dan uji lapangan meliputi, uji pengembangan terbatas, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Responden penelitian ini meliputi seorang dosen ahli media, seorang dosen ahli materi dan pembelajaran, dua orang guru, dan 90 siswa SMA UII Yogyakarta. Untuk pengembangan terbatas melibatkan dua orang guru dan dua orang dosen, untuk uji coba kelompok kecil melibatkan 12 siswa, dan untuk uji coba lapangan melibatkan 90 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian media yang disadur dari Kristin Miller dan Jacqueline Bach. Skor kelayakan dinyatakan dalam skala 1-5. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru menunjukkan bahwa kelayakan multimedia pembelajaran matematika pada aspek kevalidan dan kepraktisan adalah baik. Hasil uji coba lapangan juga menunjukkan bahwa penilaian siswa terhadap keefektifan multimedia adalah baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi alternatif sumber belajar matematika khususnya bagi siswa kelas X semester II pada Standar Kompetensi Memecahkan Permasalahan Perbandingan, Fungsi, Persamaan dan Identitas Trigonometri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan multimedia pembelajaran matematika, adobe flas CS3, trigonometri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25846

Actions (login required)

View Item View Item