Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan PBL Berseting TGT dan GI Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Toleransi Siswa SMP

Fitrianawati, Meita (2015) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan PBL Berseting TGT dan GI Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Toleransi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-meita-fitrianawati-13709251017.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PBL berseting TGT; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PBL berseting GI; dan (3) membandingkan keefektifan pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan PBL berseting TGT dan pendekatan PBL berseting GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan toleransi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sleman yang terdiri dari tujuh kelas. Kelas VIII D dan VIII E ditentukan sebagai sampel penelitian secara acak. Kelas VIII D diberikan perlakuan menggunakan pendekatan PBL berseting TGT, sedangkan kelas VIII E diberikan perlakuan menggunakan pendekatan PBL seting GI. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi 20 soal tes pilihan ganda prestasi belajar, lima soal tes uraian kemampuan berpikir kreatif, dan 12 butir angket toleransi siswa. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan PBL berseting TGT dan PBL berseting GI pada masing-masing variabel, digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk membandingkan keefektifan pendekatan PBL berseting TGT dan PBL berseting GI, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T^2 Hotteling's. Jika terdapat perbedaan keefektifan, maka dilakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel-variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL berseting TGT efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan toleransi siswa ; (2) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL berseting GI efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan toleransi siswa; (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran menggunakan pendekatan PBL berseting TGT dan pembelajaran menggunakan pendekatan PBL berseting GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan toleransi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan PBL berseting TGT, pendekatan PBL berseting GI, prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif, toleransi siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25844

Actions (login required)

View Item View Item