Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur

Rakhman, Zikri (2015) Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zikri-rakhman-12705251016.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakter apa saja yang ingin dibentuk di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur; (2) implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur; (3) faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. Waktu penelitian bulan Maret sampai Agustus 2014. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengasuh asrama, guru mata pelajaran, santri, petugas perpustakaan, dan staf tata usaha di Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter yang ingin dibentuk di MA Hamzanwadi NW Pancor Lombok Timur adalah religius, disiplin, jujur, mandiri, kreatif, dan tanggung jawab; (2) Implementasi pendidikan karakter melalui kurikulum pemerintah (kegiatan pagi) dan kurikulum pondok pesantren (kegiatan sore), melalui mata pelajaran, budaya sekolah dan budaya asrama, serta tata tertib dan rangkaian kegiatan pembelajaran ilmu keagamaan; dan (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter adalah: kurikulum pondok pesantren, metode pembelajaran bervariasi yang dapat memotivasi siswa, tenaga pendidik yang sudah bersertifikat profesional, dan memiliki dasar keagamaan yang kuat serta pemahaman cukup baik mengenai pendidikan karakter, sarana dan prasarana yang dimiliki Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur cukup memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah: latar belakang dan kepribadian santri yang beraneka ragam, tidak semua santri memiliki latar belakang pesantren, kebiasaan buruk dari lingkungan tempat asal santri seperti kebiasaan merokok, tidak menghargai waktu dan tidak disiplin. Evaluasi pembelajaran untuk menilai karakter siswa di MA Hamzanwadi NW Pancor adalah dengan penilaian secara terus menerus melalui pengamatan dan catatan anekdot (anecdotal record), serta dengan menggunakan tes atau angket dan pengamatan langsung. Berdasarkan evaluasi, dapat disimpulkan bahwa karakter siswa di MA Hamzanwadi NW Pancor dikategorikan cukup baik walaupun masih terdapat adanya pelanggaran disiplin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, dan Madrasah Aliyah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25840

Actions (login required)

View Item View Item