Model Blended Learning Interaktif Berbasis Web Matakuliah Mesin-Mesin Listrik di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang

Effendi, Hansi (2015) Model Blended Learning Interaktif Berbasis Web Matakuliah Mesin-Mesin Listrik di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-hansi-effendi-10702269002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model blended learning interaktif berbasis web (BLIBW) yang valid, efektif, dan praktis untuk mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP). Penelitian dilaksanakan dengan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi ke dalam empat tahap yaitu: (1) identifikasi masalah dan analisis kebutuhan; (2) perencanaan, pembuatan Model BLIBW konseptual, dan validasi ahli; (3) uji lapangan I dan revisi awal; dan (4) uji lapangan II dan revisi akhir. Validasi Model BLIBW dilakukan melalui focus group discussion (FGD) dengan responden lima guru besar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY). Validasi perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, rancangan pembelajaran, dan materi pembelajaran dilakukan dengan format penilaian oleh dua guru besar dan dua dosen pembina mata kuliah Mesin Listrik. Hasil penilaian ini selanjutnya diuji dengan reliabilitas inter-rater. Validasi instrumen penelitian pengembangan yang terdiri dari kuesioner persepsi mahasiswa terhadap Model BLIBW dan tes hasil belajar, dilakukan oleh para ahli dari PPs UNY dan dosen pembina mata kuliah Mesin Listrik di UNP, juga diuji secara empirik dengan korelasi Pearson, Point-Biserial, alpha Cronbach, dan Kuder-Richardson-20. Penelitian ini menghasilkan Model BLIBW yang merupakan salah satu bentuk blended learning yang valid, efektif, dan praktis. Model ini terutama sekali didasari oleh paradigma konstruktivisme, teori interaktif, dan teori penayangan komponen, yang memberikan kesempatan luas bagi mahasiswa untuk merekonstruksi pengetahuan baik secara individu maupun kelompok. Selain itu model ini memungkinkan mahasiswa mengontrol proses pembelajaran dari sudut jumlah, susunan komponen pembelajaran, kecepatan belajar, waktu, dan tempat belajar. BLIBW sebagai suatu bentuk blended learning terdiri dari 37,5% pertemuan tatap muka dan 62,5% secara online. Keefektifan Model BLIBW dilihat dari hasil belajar rata-rata 78% dari tujuan pembelajaran. Perbandingan skor pre-test dengan skor post-test menunjukkan kenaikan rata-rata sekitar 47%. Hasil ini memang belum sepenuhnya memuaskan, karena ada beberapa kelemahan, di antaranya: jumlah sesi sangat terbatas, hanya ada satu pokok bahasan, dan jumlah mahasiswa yang dijadikan subjek uji coba juga terbatas. Beberapa saran untuk implementasi Model BLIBW adalah: perlu disediakan dukungan teknologi yang cukup (bandwidth, jaringan internet, dan komputer dengan kualitas baik); perlu mempersiapkan dosen dengan pengetahuan, keterampilan, dan kesediaan yang memadai untuk merencanakan dan menyelenggarakan e-learning; serta perlu disiapkan mahasiswa yang memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dengan menggunakan e-learning.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, blended learning, interaktif, berbasis web
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 10:25
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25838

Actions (login required)

View Item View Item