Efektivitas Pembelajaran Simulasi Program dengan Trainer Kit pada Mata Kuliah Sistem Mikrokontroler

Edidas, Edidas (2015) Efektivitas Pembelajaran Simulasi Program dengan Trainer Kit pada Mata Kuliah Sistem Mikrokontroler. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-edidas-10702269005.swf

Download (234MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji apakah pembelajaran metode simulasi program menggunakan trainer kit pada mata kuliah Sistem Mikrokontroler lebih lebih baik dari yang tidak menggunakannya dan (2) menguji apakah pembelajaran metode simulasi program dapat meningkatkan metakognisi dan kompetensi hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Disain penelitian menggunakan teknik nonequivalent control group design, yang dikembangkan dengan memperhitungkan variabel moderator yang ikut mempengaruhinya. Penelitan dilakukan pada seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah sistem mikrokontroler pada tahun akademik 2013/2014. Mahasiswa yang diteliti dibagi dalam tiga kelompok masing-masing berfungsi sebagai: (1) kelompok eksperimen, (2) kelompok kontrol, dan (3) kelompok uji coba instrumen. Kelompok sampel tidak dipilih secara acak tetapi dipilih berdasarkan kelas-kelas yang telah ada di dalam perkuliahan.Variabel-variabel hasil belajar (Y1) dan variabel kesadaran berpikir (Y2) sebagai variabel terikat, motivasi (X1) dan kreativitas (X2) sebagai variabel bebas. Analisis data penelitian dilakukan dengan analysis of variance (ANOVA) dan multivariate analysis of variance (MANOVA) guna melihat perbedaan hasil belajar dan tingkat kesadaran berpikir mahasiswa dalam pembelajaran metode simulasi program dengan menggunakan trainer kit pada mata kuliah sistem mikrokontroler. Di samping itu juga akan menganalis data untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan tingkat metakognisi dan tingkat kompetensi hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran simulasi program menggunakan trainer kit pada mata kuliah sistem mikrokontroler dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Tingkat metakognisi dan tingkat kompetensi hasil belajar pada pembelajaran simulasi program menggunakan trainer kit lebih tinggi dari pada yang tidak menggunakan. Di samping itu juga terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat motivasi dan tingkat kreativitas terhadap tingkat metakognisi dan tingkat kompetensi hasil belajar pada pembelajaran simulasi program dengan menggunakan trainer kit.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran yang belum efektif, pembelajaran simulasi program menggunakan trainer kit, kuasi eksperimen, tingkat metakognisi dan tingkat kompetensi hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 10:25
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item