PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT SNITASI HYGIENE KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON

DEWI, ARDIYANTI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT SNITASI HYGIENE KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dewi Ardiyanti 09511247001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT SNITASI HYGIENE KELAS X JASA BOGA SMK NEGERI 1 SEWON DEWI ARDIYANTI 09511247001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata diklat Sanitasi Hygiene kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon; (2) mengetahui penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa pada mata diklat Sanitasi Hygiene kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X Jasa Boga 1 SMKN 1 Sewon yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mata diklat Sanitasi Hygiene dengan materi limbah dan bahan pembersih. Tindakan terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes pemahaman materi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan Professional Judgment dan Product Moment dengan bantuan SPSS 13. Analisis data secara diskriptif kuantitatif menggunakan persentase nilai hasil belajar dan deskriptif kualitatif dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa berupa kegiatan memperhatikan penjelasan guru naik sebesar 6,5%, bertanya naik 2,7%, mengemukakan pendapat naik 15,6%, dan kegiatan presentasi naik 19,3%; (2) penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pelajaran Sanitasi Hygiene meningkat sebesar 51,6% dengan kategori nilai amat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:41
Last Modified: 30 Jan 2019 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item View Item