EFEKTIVITAS INTEGRASI SOFT SKILL PADA PELAJARAN PATISERI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO

Devi, Hapsari (2015) EFEKTIVITAS INTEGRASI SOFT SKILL PADA PELAJARAN PATISERI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Devi Hapsari - 06511241022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS INTEGRASI SOFT SKILL PADA PELAJARAN PATISERI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO Oleh: Devi Hapsari 06511241022 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran patiseri siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo. (2) Apakah ada perbedaan antara kemampuan soft skill siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT. (3) Apakah ada perbedaan antara prestasi belajar patiseri siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT. (4) Apakah pengintegrasian soft skill aspek interpersonal intelligence yang mencakup social sensitifity, social insight, dan social communication lebih efektif apabila menggunakan model pembelajaran TGT daripada menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre test-post test control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Tata Boga SMK N 3 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 236 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu sebanyak 78 anak yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket pengintegrasian soft skill dan tes prestasi belajar patiseri. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran patiseri siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo dilakukan dengan penyajian kelas, pengelompokan siswa, diskusi dan presentasi, games tournament dan team recognize. (2) Ada perbedaan antara kemampuan soft skill siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT dengan hasil uji t-test 4.038 dan P 0.000 < 0.005. (3) Ada perbedaan antara prestasi belajar patiseri siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Sukoharjo yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT dengan hasil uji t-test 4.561 dan P 0.000 < 0.005. (4) Pengintegrasian soft skill aspek interpersonal intelligence yang mencakup social sensitifity, social insight, dan social communication lebih efektif apabila menggunakan model pembelajaran TGT daripada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:37
Last Modified: 30 Jan 2019 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25820

Actions (login required)

View Item View Item