KEPUASAN WARGA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM HAL PELAYANAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Detha, Rintiansyah Putri (2015) KEPUASAN WARGA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM HAL PELAYANAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Detha Rintiansyah-08505241005.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

KEPUASAN WARGA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM HAL PELAYANAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh: Detha Rintiansyah Putri NIM. 08505241005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik implementasi standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dalam pelaksanaan pelayanan pendidikan di SMK N 2 Yogyakarta diukur dari tingkat kepuasan siswa, guru dan karyawan sebagai pelanggan. Jenis penelitian ini adalah survey tingkat explanasi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah warga SMK N 2 Yogyakarta selaku pelanggan yang berjumlah 1826 subjek. Pengambilan jumlah sampel dengan menggunakan nomogram Harry King didapat 328 sampel. Jumlah sampel setiap kelompok diambil secara stratified random sampling dengan hasil pembagian 37 guru, 12 karyawan, dan 279 siswa. Instrumen variabel kepuasan pelanggan digunakan angket tipe likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 4. Validasi instrumen digunakan analisis butir dengan rumus product moment, dan uji reliabilitas digunakan alpha cronbach. Data dianalisis dengan uji kecenderungan dan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang merasa sangat puas sebanyak 4,3% responden, puas sebanyak 24% responden, cukup puas sebanyak 45,2% responden, kurang puas sebanyak 19% responden dan sangat tidak puas sebanyak 7,5% responden. Kepuasan siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebanyak 65,80%. (2) Guru yang merasa sangat puas sebanyak 10,8% responden, puas sebanyak 16,2% responden, cukup puas sebanyak 37,8% responden, kurang puas sebanyak 27,1% responden dan sangat tidak puas sebanyak 8,1% responden. Kepuasan guru berada pada kategori tinggi dengan persentase sebanyak 65,80%. (3)Karyawan yang merasa sangat puas sebanyak 8,3% responden, puas sebanyak 8,3% responden, cukup puas sebanyak 50% responden, kurang puas sebanyak 33,4% responden dan sangat tidak puas sebanyak 0% responden. Kepuasan karyawan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebanyak 75,86%. Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25819

Actions (login required)

View Item View Item