Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Inra, Azwar (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-azwar-inra-10702269010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran yang selama ini berlangsung di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), (2) mengungkap proses pengembangan model pembelajaran soft skills mahasiswa prodi PTB, (3) menguji validitas, praktikabilitas dan efektivitas model pembelajaran soft skills mahasiswa prodi PTB FT UNP. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan design and development research dari Richey and Klein, yang merupakan gabungan dari: (1) pengembangan model, dan (2) validasi model. Proses validasi dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi internal dan validasi eksternal. Validasi internal dilakukan terhadap model dan komponen-komponen model oleh pakar, yang terdiri dari pakar teknologi pendidikan, pakar pendidikan kejuruan, dan pakar evaluasi. Sedangkan validasi eksternal dilakukan dalam bentuk uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, yang melibatkan 41 orang mahasiswa dan satu orang staf pengajar prodi PTB. Analisis data dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan uji coba. Analisis pada tahap pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dan analisis kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data hasil validasi model oleh para pakar dan hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) selama ini prodi PTB belum memiliki model pembelajaran yang dapat mengembangkan soft skills mahasiswa, (2) pengembangan model pembelajaran soft skils mahasiswa PTB dilakukan dalam tiga tahap, yang terdiri dari tahap pra pengembangan, tahap pengembangan dan tahap validasi, (3) model pembelajaran soft skills mahasiswa prodi PTB yang dikembangkan ternyata memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, soft skills.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 10:25
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item