Model Evaluasi Formatif Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika SMP

Rosnawati, R. (2015) Model Evaluasi Formatif Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika SMP. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-raden-rosnawati-11071261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model evaluasi formatif berpikir kritis yang valid dan reliabel. Model evaluasi berpikir kritis yang dimaksud dalam pengembangan melingkupi: (1) aspek kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dan disposisi berpikir kritis, dan (2) validitas dan reliabilitas instrumen model pengukuran berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan memadukan model Borg & Gall dan model pengembangan Plomp. Sepuluh langkah dari model Borg & Gall dimodifikasi menjadi lima tahap (stage) seperti tahapan yang ada dalam model Plomp. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) melakukan studi pendahuluan untuk menganalisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan design (3) mengembangkan produk dan validasi produk, (4) uji coba lapangan, dan (5) diseminasi/implementasi. Subjek penelitian sebanyak 1.446 siswa SMP di DIY. Validitas isi menggunakan expert judgement, sedangkan validitas dan reliabilitas empiris menggunakan loading factor, analisis butir soal dengan pendekatan PCM 1PL, serta hubungan antara disposisi dengan keterampilan berpikir kritis menggunakan structural equation modeling (SEM) yang secara teknik menggunakan program LISREL 8.8. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat lima aspek kemampuan berpikir kritis yaitu bernalar matematik, interpretasi, análisis, evaluasi, dan inferensi, yang keseluruhan terdiri dari 42 item. Hasil uji kecocokan model pengukuran berpikir kritis menunjukkan bahwa model ini fit dengan data. Hal inididukung oleh hasil pengujian berdasarkan means INFIT MNSQ 1,0 dan simpangan baku sebesar 0,16. Angket disposisi berpikir kritis berbentuk penilaian antar teman terdiri dari tujuh aspek dengan 23 butir. Hasil uji kecocokan model pengukuran menunjukkan model fit dengan data. (2) Validitas instrumen kemampuan berpikir kritis mencapai derajat yang signifikan yang ditunjukkan dengan muatan faktor terendah sebesar 0,38 dan tertinggi 0,74. Rata-rata kesulitan 0,00 dengan simpangan baku 0,45 berada pada kategori baik. (3) Validitas instrumen disposisi berpikir kritis mencapai derajat signifikan yang ditunjukkan dengan muatan faktor terendah sebesar 0,66 dan tertinggi 0,76. (4) Berdasarkan analisis model persamaan struktural, diperoleh hasil bahwa chi-square= 69,52, df=53, p-value=0,06337, dan RMSEA=0,033. Hasil ini menunjukkan model tersebut fit atau model fit dengan data.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi formatif, berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:12
Last Modified: 23 Jun 2022 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25811

Actions (login required)

View Item View Item