PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BLUS MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI MADRASAH TsANAWIYAH PADURESO KEBUMEN

Asmawati, (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN BLUS MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI MADRASAH TsANAWIYAH PADURESO KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ENHANCING LEARNING ACTIVITIES IN THE ACHIEVEMENT OF COMPETENCE THROUGH BLOUSE MAKING METHOD TEACHING IN QUANTUM JUNIOR SECONDARY SCHOOL PADURESO KEBUMEN.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) aktivitas belajar siswa pada kompetensi membuat blus menggunakan metode quantum teaching di Madrasah Tsanawiyah Padureso Kebumen, 2) peningkatan aktivitas belajar siswa yang terjadi pada pembelajaran membuat blus metode quantum teaching di Madrasah Tsanawiyah Padureso Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Padureso Kebumen dengan subjek penelitian adalah 23 siswa pada kelas VIII B. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket aktivitas belajar, lembar angket metode pembelajaran dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert), yaitu ahli model pembelajaran, ahli materi, dan guru muatan lokal menjahit. Hasil validasi menunjukkan bahwa lembar angket aktivitas belajar dan model yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus antar rater dengan skor 4 pada lembar angket aktivitas belajar, , dan 4 pada lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru, tahap tindakan guru melakukan pembelajaran membuat blus menggunakan metode quantum teaching, pengamatan dilakukan terhadap aktivitas belajar siswa dan unjuk kerja siswa, selanjutnya tahap refleksi dilakukan pengamatan dan perbaikan pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran membuat blus pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Peningkatan aktivitas belajar berdasarkan kriteria ketuntasan yaitu sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 4% atau 1 siswa dengan kategori sangat tinggi, 8% atau 2 siswa dengan kategori tinggi, 12% atau 3 siswa dengan kategori rendah, dan 76% atau 17 siswa dengan kategori sangat rendah, setelah dikenai tindakan pada siklus pertama aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 12% atau 3 siswa dengan kategori sangat tinggi, 48% atau 12 siswa dengan kategori tinggi, 36% atau 7 siswa dengan kategori rendah, dan 4% atau 1 siswa dengan kategori sangat rendah, dan setelah tindakan pada siklus kedua aktivitas belajar siswa mencapai 84% atau 19 siswa dengan kategori sangat tinggi, 16% atau 4 siswa dengan kategori tinggi, dan berarti seluruh siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Dalam pembelajaran membuat blus menggunakan metode quantum teaching dapat membantu siswa memahami materi serta adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam membuat blus yang dibuktikan dengan 75% dari siswa mencapai kategori tinggi . Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran membuat blus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 00:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item