PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS KOSAKATA BERAKSARA JAWA DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 PENGASIH KEDUNGSARI KABUPATEN KULON PROGO

Nurbanita, Budi (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS KOSAKATA BERAKSARA JAWA DENGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 PENGASIH KEDUNGSARI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Budi Nurbanita 06205244130.PDF

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar menulis kosakata beraksara Jawa pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pengasih Kedungsari Kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan media permainan tekateki silang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian terbagi menjadi 2 siklus dengan dua pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pengasih Kedungsari Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini terbagi menjadi empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, wawancara, catatan lapangan, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Validitas data menggunakan validitas demokratik, validitas proses, dan validitas dialogik. Reliabilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan tekateki silang: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis aksara Jawa, (2) dapat dimanfaatkan sebagai media dalam meningkatkan prestasi belajar menulis kosakata beraksara Jawa. Berdasarkan data kuantitatif, nilai rata-rata siswa meningkat. Pada pratindakan nilai rata-rata siswa adalah 57,84, pada akhir siklus I adalah 74,62, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,42. Secara keseluruhan nilai rata-rata meningkat sebesar 24,83%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi belajar menulis kosakata beraksara Jawa pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pengasih Kedungsari Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan prestasi belajar, menulis kosakata beraksara jawa, permainan teka-teki silang, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 03 Sep 2015 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25805

Actions (login required)

View Item View Item