PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN I KALIGOWONG

Kurniawati, Yuliana (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN I KALIGOWONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuliana Kurniawati 06205244125.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa yang dimiliki siswa kelas V SDN I Kaligowong dengan menggunakan media pembelajaran gambar, yaitu gambar karikatur. Media pembelajaran menggunakan gambar karikatur dipilih sebagai salah satu solusi atau alternatif pilihan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN I Kaligowong tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis siswa khususnya terhadap karangan berbahasa Jawa dengan media pembelajaran menggunakan gambar karikatur. Prosedur pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga siklus, yaitu pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan validitas proses, validitas hasil, dan validitas demokratis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan gambar karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam kegiatan menulis karangan narasi. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis siswa sebelum tindakan atau pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Nilai rata-rata sebelum pelaksanaan tindakan terhitung sebesar 54,35, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 59,82, kemudian nilai rata-rata pada siklus II sebesar 68,53, dan pada akhir siklus III nilai rata-ratanya sebesar 73,55. Peningkatan proses pembelajaran menulis juga ditandai dengan adanya peningkatan frekuensi aktivitas siswa melalui aspek pengamatan, diantaranya (1) suasana kelas lebih tenang pada saat pembelajaran menulis karangan,(2) siswa mampu mengembangkan ide-ide dalam menulis karangan narasi, (3) siswa sudah berani bertanya dan menjawab pertanyaan tentang pembelajaran menulis karangan narasi, (4) siswa lebih antusias dalam pembelajaran menulis karangan narasi, serta (5) siswa lebih tertarik untuk menulis karangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media karikatur, menulis karangan narasi, SD
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 03 Sep 2015 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item View Item