FAKTOR PENDUKUNG GURU PNDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PEMBELAJARAN SOFTBALL DI KOTA YOGYAKARTA

Hardhika Ari Wibawa (2015) FAKTOR PENDUKUNG GURU PNDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PEMBELAJARAN SOFTBALL DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HARDHIKA ARI WIBAWA_08601244123.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran softball di SMA guru pendidikan jasmani berupaya memberikan materi dan praktik pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang telahada. Pihak sekolah dengan guru olah raga telah berupaya untuk memberikan sarana dan prasarana, seperti lapangan, glove, stick, dan bola dengan meminta dukungan kepada Pemerintah untuk memberikan sumbangan dana membeli perlengkapan softball, agar proses belajar mengajar permainan olahraga softball yang telah tercantum dalam kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik. Apabila dari pihak Pemerintah tidak dapat membantu anggaran dana untuk membeli perlengkapanolah raga softball, maka guru olah raga mampu memodifikasi pembelajaran softball dengan peralatan yang lain agar proses belajar mengajar khususnya softball mampu diperkenalkan kepada peserta didik. Desain dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah guru SMA sebanyak 35 guru dari 25 SMA yang ada di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode angket atau kuisioner. Angket yang digunakan secara gabungan antara tertutup dan terbuka, terdiri dari 22 butir pertanyaan. Analisis data yang digunakan adalah persentase atau disebut procentage correction. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan jasmani pada SMA atau yang sederajat di Kota Yogyakarta mengetahui olahraga softball sebesar 100%, memahami olahraga softball sebesar 82,9%. Guru yang telah mengetahui softball dalam kurikulum pembelajaran sebesar 94,3%, dan yang telah menerapkan dalam proses belajar mengajar 31,4%. Sekolah yang memiliki sarana dan prasaranadi Kota Yogyakarta 14,3%, dan yang memiliki peralatan hanya 11,4% sekolah. Yang terakhir yaitu guru menumbuhkan keinginan, motivasidan rasa senang terhadap peserta didik sebesar 37,1%. Di samping itu, telah terpetakan factor pendukung guru pendidikan jasmani pada sekolah menengah atas atau sederajat dalam pembelajaran softball di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor pendukung, Pembelajaran, Softball
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:12
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25795

Actions (login required)

View Item View Item