PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT SINOM MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Setyawan, Wachid Rendra (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT SINOM MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wachid Rendra Setyawan 08205244024.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan media pembelajaran tembang Sinom yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash Profesional 8; dan (2) respon penilaian ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran bahasa Jawa, serta tanggapan siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dengan Macromedia Flash Profesional 8. Metode dalam penelitian ini menggunakan R&D (Research & Development). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model prosedural yang bersifat diskriptif eksplositoris dengan mematuhi langkah-langkah tertentu untuk menghasilkan produk. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis deskriptif untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kelayakan media pembelajaran interaktif tembang macapat Sinom untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan dilakukan beberapa tahapan-tahapan pengembangan yang meliputi tahap analisis, yaitu pengembang mencermati standar kompetensi dan kompetensi dasar kurikulum; tahap perancangan (design), yaitu pengembang merancang materi pembelajaran serta evaluasi yang digunakan dalam media pembelajaran; tahap pengembangan dan produksi, yaitu membuat Flow chart atau diagram alur pengembangan media kemudian dikembangkan dalam bentuk CD; tahap validasi, yaitu untuk mengevaluasi kesesuaian media dan materi, guna mendapatkan kelayakan uji coba; dan terakhir adalah tahap akhir, yaitu revisi pada media pembelajaran untuk menyesuaikan dengan hasil evaluasi; dan (2) hasil penilaian dari dosen ahli materi mendapatkan persentase sebesar 85,5% yang termasuk dalam kategori penilaian sangat baik; hasil penilaian dari dosen ahli media mendapatkan persentase sebesar 84% termasuk dalam kategori penilaian sangat baik; hasil penilaian oleh guru mata pelajaran bahasa Jawa memperoleh persentase sebesar 86% berkategori sangat baik; dan hasil perolehan angket tanggapan siswa terhadap media pembelajaran interaktif tembang Sinom mendapat persentase sebesar 82,07% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil pemerolehan nilai evaluasi siswa rata-rata 82,5% siswa dapat mencapai KKM yang ditetapkan, membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran tembang Sinom yang dikembangkan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, tembang macapat sinom, macromedia flash profesional 8
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 03 Sep 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25793

Actions (login required)

View Item View Item