TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Ganda Saputra (2015) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS ATAS SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ganda Saputra.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya tingkat pengetahuan tentang kesehatan pribadi siswa kelas atas SD Negeri 2 Sokawera kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas atas SD Negeri 2 Sokawera kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas tentang kesehatan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu pengetahuan tentang kesehatan pribadi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas (IV, V, dan VI) SD Negeri 2 Sokawera kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas yang berjumlah keseluruhan 65 siswa. Instrumen penelitian dalam bentuk teknik tes tertulis dengan model tes obyektif dan hasilnya berupa skor. Pengujian instrumen model contruct validity, dengan memasukkan pendapat dari ahli (judgment experts), yaitu: Drs. Sriawan, M.Kes dan Darto, S.Pd. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang kesehatan pribadi siswa kelas atas SD Negeri 2 Sokawera kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas, untuk kategori “tinggi” sebanyak 13 siswa atau sebesar 20%; kategori “sedang” sebanyak 41 siswa atau sebesar 63,08%; dan ketegori “rendah” sebanyak 11 siswa atau sebesar 16,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kesehatan Pribadi, Siswa Kelas Atas SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Sep 2015 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25789

Actions (login required)

View Item View Item