PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI E-LEARNING SISWA KELAS VIII B SMP N 5 DEPOK

Murti, Pramusinta Istika (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI E-LEARNING SISWA KELAS VIII B SMP N 5 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pramusinta Istika Murti 06205244026.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi berbahasa Jawa melalui E-learning siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Depok, Sleman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Depok. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bahasa Jawa SMP Negeri 5 Depok, Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, catatan lapangan, tes, angket dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa tes, lembar pengamatan, catatan lapangan, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas proses, validitas demokrasi, dan validitas dialogis. Realibilitas penelitian dengan cara triangulasi metode. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menulis narasi bahasa Jawa melalui E-learning dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa Jawa siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Depok, Sleman. Peningkatan keterampilan menulis narasi siswa tampak pada kualitas hasil berupa skor rata-rata penilaian meningkat dari tahap pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan skor rata-rata sebesar 66,60 dengan nilai terendah sebesar 50 dan nilai tertinggi sebesar 81,25. Pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 73,39 dengan nilai terendah 62,5 dan nilai tertinggi 84,38, sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat dari 73,39 menjadi 77,86 dengan nilai terendah 71,88 dan nilai tertinggi 90,63. Berdasarkan penjelasan di atas, sebanyak 30 siswa atau 85,71% siswa sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 5 siswa atau 14,29% belum memenuhi KKM. Peningkatan juga tampak pada kualitas proses pembelajaran yaitu terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan perhatian yang lebih terfokus serta dapat menumbuhkan motivasi dan semangat siswa terhadap kegiatan menulis narasi bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi berbahasa jawa, e-learning, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 02 Sep 2015 08:08
Last Modified: 30 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item