SURVEI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI I PANDOWAN KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO

Siswaya SURVEI PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI I PANDOWAN KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Siswaya, NIM 11601247270.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karenakan keterbatasan waktu dan jam pertemuan guru dalam mengajar permianan tradisional kurang, sehingga dalam penyampaian macam-macam dan jenis permainan tradisional tidak maksimal, akibatnya saat praktek di lapangan siswa apabila diajari permainan tradisional nampak kurang tertarik terbukti saat diajarkan malah duduk-duduk dan bermain sendiri, hal tersebut juga tidak terlepas dari lingkungan yang berbeda-beda, ada yang dari perumahan, lingkungan biasa, mareka lebih suka bermain dengan permainan digital seperti playstation, game online, handphone, komputer dari pada melakukan aktivitas olahraga bermain, sehingga aktivitas gerak dan bermain untuk permainan tradisional sedikit berkurang yang menyebabkan pemahaman permainan tradisional berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman terhadap permainan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri I Pendowan Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa angket. Validitas angket sebesar 0,912 dan reliabilitasnya 0,964. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan V di Sekolah Dasar Negeri I Pendowan sebanyak 52 anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan survei pemahaman siswa terhadap permainan tradisional dalam pembelajaran Penjasorkes pada Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri I Pandowan masuk dalam kategori Baik Sekali sebanyak 2 anak (3,84 %), kategori Baik sebanyak 15 siswa (28,84 %), kategori Cukup sebanyak 18 siswa (34,61 %), kategori Kurang Baik sebanyak 13 siswa (25 %), dan kategori Tidak Baik sebanyak 4 siswa (7,69 %). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan pemahaman siswa kelas IV dan V terhadap permainan tradisional dalam pembelajaran Penjasorkes sebagian besar berkategori Cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, Permainan Tradisional, Siswa kelas IV dan V SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2015 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25778

Actions (login required)

View Item View Item